Rabu, 24 Oktober 2012

MAKALAH PRODUK SAMSUNG GALAXY S III

PENDAHULUAN
 
Latar Belakang
Samsung Electronics Co., Ltd adalah perusahaan elektronik dan teknologi informasi multinasional Korea Selatan yang bermarkas di Suwon, Korea Selatan. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan dari Samsung Group dan telah menjadi perusahaan IT dengan pendapatan terbesar didunia sejak 2009. Samsung Electronics telah mendirikan pabrik dan jaringan penjualan di 61 negara dan 221.000 karyawan.
Samsung Electronics adalah pembuat handphone terbesar didunia dan pembuat terbesar kedua semikonduktor didunia (setelah Intel Corporation). Samsung merupakan perusahaan manufaktur televisi terbesar didunia sejak 2006 dan pembuat panel LCD terbesar didunia untuk delapan kali berturut-turut. Pembuat kartu memori dengan pangsa pasar terbesar didunia. Dengan memperkenalkan telepon genggam, Samsung Galaxy S, telepon pintar Samsung menempati urutan pertama dalam penjualan untuk tahun 2011. Samsung juga telah telah memancangkan posisi dalam pasar komputer tablet, dengan dikeluarkannya Samsung Galaxy Tab yang diperkuat dengan kekuatan Andriod untuk berkompetisi dengan IPAD yang berasal dari Apple.
    Meskipun Samsung terus tumbuh, bersama dengan pimpinannya Lee Kun-he, telah berkembanganya reputasi ketidakamanan berdasarkan kestabilan keuangan dan potensi krisis yang akan dihadapi. Setelah kembali dari masa pensiunnya, pada bulan Maret 2010, Kun-hee menyatakan bahwa masa depan “Samsung Electronic” tidak pasti, karena banyak dari produknya akan usang dalam 10 tahun dari saat ini.
    Samsung telah menekankan inovasi dalam strategi manajemennya sejak awal tahun 200 dan sekarang inovasi kembali disorot sebagai inti strategi ketika diumumkannya Visi 2020 dimana perusahaan menetapkan tujuan ambisius, yakni mendapatkan $400 milyar pada pendapatan tahunan dalam 10 tahun. Dalam rangka penguatan pimpinan dalam area kartu memori dan produksi televisi, perusahaan secara agresif berinfestasi dalam bidang penelitian dan pengembangan. Perusahaan telah memiliki 24 pusat penelitian dan pengembangan diseluruh dunia.
    April 2011, Samsung Electronics menjual pengoprasian komersil HDD ke Seagate Technology senilai US$1,4 milyar. Dibayar dengan 45,2 juta saham Seagate (9,6 persen saham), senilai US$687,5 juta, dan sisanya dalam bentuk tunai.
    Pada kuartal pertama tahun 2012, perusahaan telah menjadi penjual telepon genggam terbesar ketika melampaui Nokia, menjual 93,5 juta unit dibandingkan dengan nokia sebanyak 82,7 unit. Samsung juga menjadi vendor stelepon pintar terbesar sebagai hasil dari besarnya penjualan Galaxy SII dan Galaxy Note. Tahun ini Samsung mengeluarkan smartphone-nya yang terbaru Samsung Galaxy S III.

Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang dalam makalah ini, Samsung Electronics merupakan perusahaan elektronik dan informasi teknologi dengan pertumbuhan yang cepat beberapa tahun belakangan. Selain dengan kemajuan teknologi yang dimiliki Samsung, perancangan strategi pemasaran berperan serta dalam kemajuan Samsung.





Rumusan Masalah
Untuk mengetahui lebih dalam tentang perencanaan dan strategi dari Samsung Electronic dalam pemasaran maka disusunlah rumusan masalah sebagai berikut:
1.    karakteristik apa yang dimiliki produk Samsung Galaxy S III yang membedakan dari produk lainnya?
2.    Bagaimana Samsung Galaxy S III mengembangkan brand sebagai pelaku utama dalam pasar penjualan handphone?
3.    Strategi apa yang dikembangkan oleh Samsung Galaxy S III dibidang pemasaran?

Tujuan
Tujuan analisa ini adalah untuk menjawab rumusan masalah di atas, dalam jawaban sebagai berikut:
1.    Menemukan dan memahami strategi pemasaran dari Samsung Galaxy S III
2.    Mengetahui bagaimana Samsung Galaxy S III menjadi salah satu pemain besar dalam dunia electronic

Manfaat
Analisa strategi ini bermanfaat untuk mempelajari lebih dalam strategi pemasaran dari Samsung Electronic yang telah menjadi pemain utama dalam penjualan handphone dan alat-alat electronik lainnya, yang apabila dipelajari akan memperluas wawasan tentang pemasaran dan bagaimana membuat sebuah produk menjadi berbeda dan menjadi pilihan utama dari konsumen.
TELAAH PUSTAKA
Untuk mendukung analisa ini, penulis melakukan telaah pusaka dengan metode secara tidak langsung, dimana sebelumnya dilakukan penelitian tentang Samsung Electronic itu sendiri melalui internet. Selain melakukan penelitian tentang Samsung Electronic, penulis juga melakukan pendalaman materi melalui buku Kotler tentang pemasaran.

METODE PENULISAN
Metode penulisan dari analisa ini melalui beberapa tahap, yaitu:
1.    Tahap Deskriptif
Tahap ini merupakan tahan pengumpulan data-data serta informasi yang terkait dengan Samsung Electronic itu sendiri, selain itu pada tahapan ini juga dilakukan pendekatan teori-teori pemasaran sehingga penulis bisa memahami strategi pemasaran dari Samsung Electronic
2.    Tahap Analisis
Pada tahapan ini penulis menganalisis faktor-faktor yang menjadikan Samsung Electronic sebagai penjual hand phone nomor satu di dunia. Dan memahami langkah-langkah pemasaran apa yang membuat penjualan Samsung Electronic meningkat di negara-negara di luar Korea Selatan. Dengan ditambah dasar pemahaman dari teori pemasaran diharapakan pada proses analisa ini ditemukan apa yang menjadi senjaa utama dalam strategi pemasaran Samsung Electronic.
3.    Tahap penarikan kesimpulan
Tahap terakhir ini membahas kesimpulan dari analisa yang dilakukan terhadap strategi pemasaran dari Samsung Electronic.

PEMBAHASAN
Karakteristik dan kelasifikasi
    Suatu produk dibuat dengan berbagai perencanaan. Dalam perencanaan penawaran pasar, pemasar menggunakan costumer-value hirarchy. Berikut 5 tingkatan hirarki nilai konsumen:
1.    Core benefit
Merupakan jasa atau keuntungan yang benar-benar konsumen beli. Konsumen membeli smartphone Samsung Galaxy S III, konsumen membeli alat komunikasi jarak jauh.
2.    Basic product
Samsung Galaxy S III termasuk didalamnya sebuah sistem operasi Android, baterai, kamera, GPU dan CPU.
3.    Expect product
Pembeli Samsung Galaxy S III mengharapkan, minimal mereka mendapatkan alat komunikasi jarak jauh dengan CPU tercepat sebagai smartphone. Samsung Galaxy S III diharapkan memiliki daya baterai tahan lama, dapat digunakan untuk menelepon, prosessor yang cepat, dan berbagai fitur yang dimiliki smartphone dengan kualitas terbaik.
4.    Augmented product
Produk melebihi ekspektasi yang diperkirakan oleh konsumennya. Samsung Galaxy S III (S III) memiliki kelebihan dari apa yang diperkirakaan oleh konsumen, yaitu S III lebih murah dibandingkan pesaingnnya, iPhone 4S.
5.    Potential product
Adalah saat diamana perusahaan akan menggunakan cara baru dalam memuaskan konsumennya dan membedakan penawarannya. Saat ini S III belum termasuk dalam potential product, mereka belum membuat variasi S III untuk memenuhi kepuasan konsumen dan memenuhinnya.
    Samsung Galaxy S III merupakan Durable Goods. Barang durable goods biasanya membutuhkan lebih banyak penjualan langsung, membutuhkan keuntungan yang tinggi dan membutuhkan garansi dari penjualnya. S III merupakan speciality goods, dimana orang-orang memiliki keingin yang berbeda dibandingkan dengan membeli barang lainnya. Speciality goods memiliki karakteristik yang unik atau identifikasi merek yang mana cukup membuat konsumen memiliki keinginan yang spesial ketika membelinya.

Diferensiasi Produk
    Samsung Galaxy S III memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan smartphone seri lainnya. Fitur yang dimiliki CPU, GPU, dan baterai tercanggih saat ini dibanding dengan yang dimiliki pesaing. Namun, Samsung Galaxy S III memiliki performa kuallitas yang kurang dibandingkan dengan pesiangnya. Desain luarnya yang dibuat dengan bahan yang “murah”, performa microphone yang kurang sensitif, penyesuaian kecerahan tampilan yang absurb menjadi nilai minus Samsung Galaxy S III. Namun Conformance Quality yang dimiliki Samsung Galaxy S III mendekati dengan apa yang diharapkan oleh publik, sebuah smartphone dengan teknologi tercanggih saat ini. Durability Samsung Galaxy S III telah dibuktikan dengan tes yang dilakukan oleh CNET TV. CNET TV menguji Samsung Galaxy S III dengan mendinginkannya pada suhu -4 °C, memanaskannya pada suhu 88 °C, dan menenggelamkannya kedalam air, S III mampu selamat dari pengujian tersebut. Dengan kelas High-end Samsung telah memastikan Samsung Galaxy S III memiliki realibility.

Desain
Galaxy S III memiliki polikarbonat plastik chassis berukuran 136,6 mm (5,38 di) panjang, 70,7 mm (2,78 in) lebar, dan 8,6 mm (0,34 di) tebal, dengan perangkat berat 133 gram (4.7 oz). Samsung meninggalkan desain persegi panjang dari Galaxy S dan Galaxy S II, dan bukannya dimasukkan sudut bulat dan tepi melengkung, mengingatkan pada Nexus Galaxy . Ponsel ini tersedia dalam dua pilihan warna dasar: "Marmer Putih" dan "Pebble Biru ", namun," Pebble Biru "dilaporkan telah diubah menjadi warna biru-abu-abu metalik. Sebuah "Garnet Red" Model dibuat tersedia secara eksklusif untuk operator AS AT & T dari 15 Juli 2012. "Sapphire Black", "Titanium Gray" dan "Amber Brown" juga akan tersedia.
S III datang dalam dua variasi yang berbeda yang berbeda terutama dalam perangkat keras internal.Internasional S versi III memiliki Samsung Exynos 4 Quad sistem pada sebuah chip (SoC) yang berisi 1,4 GHz quad-core ARM Cortex-A9 central processing unit (CPU) dan ARM Mali-400 MP graphics processing unit (GPU). Menurut Samsung, Exynos 4 Quad menggandakan kinerja Dual 4 Exynos yang digunakan pada S II, saat menggunakan daya 20 persen lebih sedikit.  Samsung juga telah merilis beberapa 4G LTE 4G versi-memfasilitasi tinggi-kecepatan koneksi mobile dibandingkan untuk 3G di negara-negara yang dipilih untuk memanfaatkan infrastruktur komunikasi yang sesuai yang ada di pasar tersebut. Sebagian besar versi menggunakan Qualcomm 's Snapdragon S4 SoC menampilkan dual-core 1,5 GHz Krait CPU dan GPU Adreno 225.  Korea Selatan dan Australia adalah versi hibrida dari versi internasional dan 4G-mampu. 
 S III memiliki maksimum 2 GB RAM , tergantung pada model.  Telepon ini dilengkapi dengan GB baik 16 atau 32 dari penyimpanan internal, dengan versi 64 GB akan tersedia secara internasional, selain itu, microSDXC storage menawarkan 64 lanjut GB untuk total potensi 128 GB.  Selain itu, 50 GB ruang ditawarkan selama dua tahun pada Dropbox -sebuah awan penyimpanan layanan untuk pembeli dari perangkat, menggandakan saingan HTC 's 25 GB penyimpanan untuk durasi yang sama.
 S III HD Super AMOLED layar berukuran 4,8 inci (120 mm) pada diagonal, sehingga layar ponsel ketiga terbesar Samsung, hanya melebihi oleh Galaxy Note '5,3 s inci (130 mm) dan Galaxy Note II '5,5 s inci ( 140 mm). Dengan 1.280 × 720-pixel ( 720p ) resolusi, pixel per inch (PPI, ukuran kerapatan pixel ) adalah 306 relatif tinggi, [66] yang mengakomodasi oleh penghapusan salah satu tiga subpiksel merah, hijau dan biru-di setiap pixel untuk membuat PenTile matriks -display, akibatnya, tidak berbagi "Plus" akhiran ditemukan di II S Super AMOLED Ditambah layar. Kaca yang digunakan untuk layar adalah Corning Gorilla Glass 2.


Tampilan belakang Jepang S III model, SC-06D
 S III memiliki kamera 8-megapiksel mirip dengan Galaxy S II. Hal ini dapat mengambil foto resolusi 3.264 × 2.448 dan merekam video dalam 1.920 × 1.080-pixel ( 1080p ) resolusi. Samsung meningkatkan perangkat lunak kamera di atas bahwa dari pendahulunya untuk memasukkan nol shutter lag , dan Burst Mode dan Best Shot, yang bekerja sama untuk cepat mengambil banyak foto sebelum frame terbaik dinilai dipilih. Ponsel ini juga dapat mengambil gambar sementara merekam video. Kamera belakang menghadap dilengkapi dengan kamera 1,9-megapiksel menghadap ke depan yang dapat merekam video 720p. 
Selain touchscreen 4,8 inci (120 mm), S III memiliki beberapa fisik input pengguna termasuk tombol home yang terletak di bawah layar, tombol volume di sisi kiri dan tombol daya / kunci di sebelah kanan. Di bagian atas terdapat 3,5 milimeter (0,14 di) TRRS headphone jack dan salah satu dari dua mikrofon pada S III,. yang lain terletak di bawah tombol home S III diiklankan sebagai memilikiMHL port yang dapat digunakan baik sebagai mikro - USB On--Go port, dan untuk menghubungkan ponsel ke HDMI perangkat. Namun, pengecer kemudian menemukan bahwa Samsung telah membuat modifikasi pada elektronik dari pelabuhan sedemikian rupa sehingga hanya adaptor yang dibuat khusus untuk model ini oleh Samsung dapat digunakan. 
li-ion 2.100 mAh baterai yang dikatakan memiliki 790 jam waktu siaga bila menggunakan 3G (900 jam di 2G) dan 11 jam waktu bicara 3G (21 jam di 2G). Dibangun ke baterai adalah bidang komunikasi dekat konektivitas, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi arah peta dan video YouTube dengan cepat menggunakan Wi-Fi Direct (melalui Android Beam), dan melakukan non-touch pembayaran di toko-toko yang mempekerjakan khusus yang dilengkapi NFC cash register . Untuk membantu meminimalkan konsumsi baterai, Samsung telah memperkenalkan "Smart Stay", kemampuan untuk melacak mata pengguna dan mematikan setiap kali orang tidak melihat itu. Baterai dapat secara nirkabel diisi menggunakan pad pengisian khusus (dijual terpisah) yang menggunakan resonansi magnetik untuk menghasilkan medan magnet di mana listrik dapat ditransfer.

PENUTUP
Simpulan
    Samsung Galaxy S III merupakan smartphone dengan teknologi tercanggih saat ini. Keunggulan teknologi yang dimiliki, dibandingkan dengan pesaingnya, membuat Samsung Galaxy S III sebagai smartphone dengan penjualan tertinggi  dikelasnya. Selain itu harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan dengan kompetitornya, yaitu iPhone 4S.

SARAN
Namun diluar performa kualitas yang disebutkan diatas. Samsung Galaxy S III memiliki kekurangan dibidang bentuknya yang memiliki permukaan yang licin sehingga mudah tergelincir dari tangan, mikrophone yang kurang  sensitif, sistem pengenal suara yang tidak responsif, membuat catatan bagi produsen untuk diperbaiki pada seri berikutnya.





DAFTAR PUSTAKA
Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. (2009). Marketing Management. Pearson International Edition ; New Jersey.
http://en.wikipedia.org/wiki/Samsung_Electronics
http://en.wikipedia.org/wiki/Samsung_Galaxy_S_III
http://www.samsung.com/id/

1 komentar:

  1. Halo, saya Ainah Ann, saat ini saya tinggal di indonesia. Saya hampir muak dengan kehidupan beberapa bulan yang lalu karena saya membutuhkan uang untuk membayar tagihan saya, dan karena situasi saya, saya sangat ingin mendapatkan pinjaman untuk membayar tagihan saya yang sudah dikeluarkan dan membiayai bisnis saya. Semua usaha saya untuk mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman swasta dan korporasi internet ini benar-benar sia-sia.
     
    Poin terakhir saya untuk mengatakan selamat tinggal pada pencarian pinjaman adalah ketika Tuhan menyerahkan kepada saya sarana rezeki saya untuk bisnis dan mata pencaharian saya sampai saat ini, yang memberi saya pinjaman sebesar 750 juta Rupee Indonesia. Saya hanya harus bersaksi secara online ini karena saya tahu ada banyak orang di luar sana yang mencari jenis perbuatan baik ini, dan pada saat yang sama saya harus menceritakan dunia tentang kesempatan besar yang menanti mereka.
     
    Mengamankan pinjaman tanpa jaminan, Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada penandatanganan, dan tidak ada biaya pinjaman, hanya dengan tingkat bunga 2% saja dan rencana pembayaran dan jadwal yang lebih baik. Jangan buang waktu lagi, dan bayar tagihan Anda dengan bantuan Maureen Kurt Financial Service. Anda dapat menghubungi dia melalui (maureenkurtfinancialservice@gmail.com). Dia wanita yang baik hati dan kebajikan, jadi jangan takut untuk bertemu dengannya untuk meminta bantuan. Jika ada keraguan atau ketakutan, Anda selalu bisa menghubungi saya melalui ainahann10@gmail.com

    BalasHapus