Rabu, 24 Oktober 2012

 Optimasi dan Manajemen Data (Symantec Enterprise Vault 9.0)
 
    Pentingnya manajemen data  dapat dilihat dari skenario sederhana yang mungkin sedang Anda alami: setiap hari menerima e-mail yang semakin lama semakin menumpuk, terkadang Anda  menyediakan waktu untuk memfilternya secara manual, tapi apa daya, data yang mengalir masuk seakan tak terbendung. Terlebih sebagian data selalu dirasakan penting sehingga Anda enggan menekan tombol delete walaupun kebanyakan akhirnya memang tidak pernah dibuka lagi, dan terlupakan begitu saja dalam timbunan e-mail yang semakin menumpuk.
    Hal diatas merupakan gambaran kecil bagaimana pertumbuhan informasi justru menjadi tantangan. Dalam ruang lingkup perusahaan, pertumbuhan data berarti menambah storage, diperlukan waktu lebih lama untuk melakukan backup serta berbagai persoalan lainnya . Di lain sisi perusahan berusaha menekan budget dan membatasi jumlah karyawan.
Gap ini diperkirakan semakin besar karena menurt IDC (International Data Corporation), pertumbuhan informasi dalam 4 tahun ke depan adalah 400%, sementara anggaran TI tumbuh 20%, dan penyediaan staf tumbuh 10%. Walaupun hal ini telah disadari banyak perusahaan memilih menyimpan informasi tanpa batas waktu tertentu tanpa batas waktu karena takut menghapus informasi penting, justru hal ini mengakibatkan informasi menjadi sulit ditemukan dan biaya untuk menyimpan dan mencari semakin meningkat. Untuk itu solusinya dengan menggunakan Symantec Virtual Store “menghapus dengan percaya diri”.
    Kebanyakan perusahaan-perusahaan menyimpan terlalu banyak informasi, dari 25% bakup data mereka sebenarnya tidak diperlukan atau seharusnya tidak disimpan sebagai backup.
Pengarsipan merupakan pondasi penting, pengarsipan yang baik dapat menghemat hingga 60% biaya backup dan mengurangi waktu backup hingga 80%. Sistem pengarsipan yang baik akan membantu proses peencarian dengan cepat dan efektif. Hal ini jelas dibutuhkan dalam e-discovery pada berbagai format dokumen.  Untuk solusi keperluan tersebut Symantec Enterprise Vault 9.0 mengusung teknologi Enterprise Vault Discovery Collector untuk membantu perusahaan/organisasi untuk menyimpan, mengelolan dan menemukan informasi. Dukungan sumber konten diperluas hingga mencakup Microsoft Exchange Server 2010 SP1, Microsoft SharePoint Server 2010, dan Domino 8.5.1.
    Berhubungan dengan solusi manajemen penyimpanan, isu lain yang tidak kalah menarik adalah virtualisasi dan Cloud Computing. Untuk itu, Symantec yang telah berkolaborasi dengan pengembang software virualisasi terkenal VMware Inc., menghasilkan Symantec applicationHA dan Symantec Virtual Store yang memberikan kemampuan kepada pengguna untuk melakukan virtualisasi aplikasi bisnis kritis dengan keyakinan, serta meminimalkan biaya penyimpanan pada platform VMware.
Cloud Computing yang merupakan topik terhangat dewasa ini, adopsi cloud (baik publik ataupun private) bisa jadi diperlukan oleh perusahaan. Public Cloud mungkin diperlukan untuk aplikasi yang tidak kritis, sementara infrastruktur private cloud dapat dibangun untuk aplikasi internet. Masalah utama Cloud Computing yang kerap kali menjadi kekhawatiran orang, yaitu ketersediaan data dan siapa yang dapat membaca data tersebut, bagaimana jika data tersebut hilang atau dibaca oleh pihak yang tidak bertanggung jawab? Jawaban dari masalah itu adalah pada teknologi itu sendiri, yang terpercaya dan informatif. Didukung teknologi enkripsi dan memungkinkan costumer memiliki private key sendiri untuk mengakses datanya.
Diwaktu yang akan datang nanti Cloud computing akan menjadi platform baru, dimana berbagai aplikasi akan beralih ke platform tersebut. Pada sisi keamanan yang akan mendatang, enkripsi bisa jadi bersifat individu. Orang dapat memberikan hak/permission hanya pada pihak-pihak yang diizinkan untuk mengakses datanya. Teknologi yang menwarkan solusi keamanan dengan menutup/blokir akses tertentu tidaklah efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar